• 04 Mei 2021

Pertemuan Dubes RI Seoul dengan Presiden University of Science and Technology sebagai langkah awal merancang Blueprint Universitas Riset Indonesia (URI)

Sebagai langkah awal merancang Blueprint Universitas Riset Indonesia (URI), Dubes RI @den_uh didampingi oleh Atase Pendidikan KBRI Seoul dan Counsellor Protkons KBRI Seoul bersama pengurus APIK (Asosiasi Peneliti Indonesia di Korea Selatan) bertemu dengan Presiden University of Science and Technology Dr. Leehwan Kim di Kota Daejon pada Senin (3/5).

Pertemuan berhasil menyepakati kolaborasi dengan UST dalam hal perancangan Blueprint URI berdasarkan pengalaman UST yang membawahi 32 National Research Institute di Korsel dan pembahasan program U-Link yang melibatkan perusahaan Korea di tempat asal mahasiswa dan UST.

Secara khusus Dubes RI juga meminta agar UST memberikan semakin banyak beasiswa bagi mahasiswa Indonesia.

Dubes RI dalam kesempatan tersebut juga berkesempatan bertemu dengan Presiden Korea Institute of Energy Research, Mr. Jong-Nam Kim, Ph.D, yang merupakan salah satu National Research Institute yang berafiliasi dengan UST untuk membahas berbagai potensi kerja sama.

Di akhir kunjungan, Dubes RI secara khusus bertemu dengan mahasiswa dan peneliti Indonesia di UST untuk memastikan kondisi para mahasiswa dan peneliti Indonesia kampus tersebut dalam keadaan baik dan tak kurang suatu apapun.

Tak hanya itu, Dubes juga mengharapkan bahwa para mahasiswa dapat menjadi Scientific Agents atau Agen Ilmiah untuk Indonesia ketika berada di Korea Selatan.

Semoga dengan terbentuknya URI kelak, akan semakin memperkuat rumah besar riset Indonesia yang sekarang sudah dibentuk yaitu Badan Riset dan Inovasi Nasional guna semakin mengakselerasikan Kemajuan Riset dan Inovasi di Indonesia.